Honda CB400 sendiri adalah salah satu motor yg cukup banyak berkeliaran di Singapore, plus juga keliatannya regulasi di Singapore juga yg bikin motor2 400cc kayak CB400 cukup laku. Karena memang di Singapore SIM motor tuh ga bisa sembarangan melainkan dibuat bertahap.
Tingkat pertama adalah untuk motor2 200cc ke bawah, tingkat kedua 400cc dan tingkat paling tinggi adalah unlimited alias kalo udah megang SIM tingkat ini boleh bawa motor apa aja. Pun untuk memiliki SIM tingkat 400cc harus lulus yg tingkat 200cc, dan untuk mencapai tingkat unlimited harus lulus di 200cc dan 400cc, kalo denger dari temen2 -BackStagE- yg orang Singapore si katanya test-nya ga gampang, pun tentunya gabisa lewat jalan belakang seperti layaknya di Indonesia. Maka dari itu juga motor2 kayak Ninja250R dan CBR250R ga populer di Singapore karena untuk mengendarai motor di atas 200cc gabisa pake SIM tingkat pertama alias harus udah mengantongi SIM tingkat 400cc, kan tanggung kalo SIM udah bisa bawa 400cc, kenapa harus 250cc.
-BackStagE- sendiri belum pernah test ride Honda CB400 tapi -BackStagE- seneng sama suara yg dihasilkan dari engine Honda CB400 ini. Dengan kubikasi 400cc dan 4 silinder inline di kala motor digas ada suara seperti angin menembus celah kecil yg makin kedengeran mengikuti naiknya RPM, kalo orang Sunda bilang sih suara ‘ngahiung’. Dan dengan kubikasi 400cc dengan 4 silinder bikin motor ini ga lantas jadi berisik kalo diganti pake knalpot racing, suara dari knalpot racing terkesan halus, ga bikin kuping pekak dan ga ada ‘suara patahan’ layaknya motor2 ber-cc kecil pake knalpot racing, bahkan Ninja250R yg udah 2 silinder pun kalo pake knalpot racing ‘suara patahan’-nya masih kedengeran banget.
Kalo ada yg penasaran sama spesifikasi Honda CB400, bisa pelototin deh spesifikasinya di bawah ini.
Untuk luapan power dan torsinya, menurut website bikez.com CB400 ini mampu ngeluarin max power di angka 52.29Hp@11000RPM dan max torsi di angka 38NM@9500RPM.
Di Australia motor Honda CB400 ini termasuk
dalam jajaran motor yg diizinkan digunakan untuk belajar motor loh,
alias masuk dalem kategori motor yg friendly untuk dipake belajar motor, terlihat dari label LAMS (Learner Approved Motorcycle Scheme) yg ada seperti di gambar di bawah. Nah loh.. -BackStagE- aja dulu belajar motor pake Supra Fit.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar